Begini Cara Merawat Alat Drumband Agar Bisa Tahan Lama

Cara merawat alat drumband. Pertunjukan drumband sangat menarik. Tak heran jika bukan hanya anak anak saja yang tertarik, namun orang dewasa juga. Saat beraksi, banyak faktor yang membuatnya tampak menarik. Ada alat drumband dimainkan dengan terampil, mayoret beraksi dengan hebat, serta baju drumband menarik berwarna warni.

cara merawat alat drumband


Berbicara soal alat musik drumband, sebaiknya anda pelajari cara merawat alat drumband agar bisa tahan lama. Dengan begitu bisa digunakan dari waktu ke waktu. jika milik sekolah, bisa diwariskan untuk adik adik kelas mendatang. Tentunya hal ini akan menghemat biaya untuk membeli instrumen baru.

Cara Merawat Alat Drumband Mudah

Sebenarnya, cara merawat alat drumband agar awet itu mudah. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana melakukannya. Akhirnya, banyak yang mengabaikan hal hal tersebut sehingga membuat instrument tersebut mudah rusak. Sayang sekali bukan?


Berikut adalah cara merawat alat drumband, yaitu:

1. Pastikan Menyimpannya Dalam Keadaan Kering


Perlu diketahui bahwa alat drumband rentan terhadap air. Bisa saja peralatan ini basah saat dimainkan karena kena tumpahan air minum. Bisa juga terkena air hujan. Untuk itu, sebelum menyimpannya, coba cek terlebih dahulu keadaannya.

Pastikan bahwa dalam keadaan benar-benar kering. Jika sampai lalai, bisa saja terkena jamur. Jadi anda harus mengeringkan dulu alatnya jika terkena air. Bisa dengan cara dilap menggunakan kain bersih yang kering. Atau bisa juga dengan cara diangin-angiNkan selama beberapa waktu.

2. Simpan di Lokasi yang Tinggi

Kemudian, tips selanjutnya adalah pilih lokasi tinggi untuk meletakkan instrumen drumband. Tidak disarankan menyimpannya di tempat yang bersentuhan langsung dengan lantai. Ini karena lantai punya kelembaban tinggi sehingga dapat berpengaruh terhadap kualitas peralatan tersebut. Dari tempat lembab ini, bisa saja instrumen menjadi basah. Agar lebih aman, tempatkan saja pada lemari.

3. Melakukan Steam Secara Rutin

Setiap alat musik perlu dilakukan stream, termasuk drumband. Jika diumpamakan ialah seperti kendaraan di mana harus selalu dipanaskan untuk menjaga kualitas performanya. Untuk perlengkapan yang terbuat dari kulit membrane, pastikan kondisinya selalu kencang. Lalu, pada bagian alat musik tiup, pastikan keadaan lubang dan bagian dalam keadaan bersih. Silahkan cek suara yang ditimbulkan.

4. Bersihkan Secara Rutin

Hal yang tak boleh ketinggalan adalah anda harus selalu membersihkan alat secara rutin. Jangan malas melakukannya. Sebab, hal ini akan menghindarkan peralatan tersebut dari kotoran debu yang menempel.

Jika ternyata ada debu yang menempel, cara membersihkannya cukup mudah. Tinggal ambil kain kering bersih saja, kemudian lap pada bagian yang kotor. Untuk alat musik tiup, coba lepas bagian bagiannya karena bagian tersebut sangat rentan terkena kotoran. Anda bisa melepas bagiannya satu persatu untuk mengecek secara detail.

Sudah tahu kan bagaimana cara merawat alat drumband? Mudah kan seperti yang dikatakan di awal tadi. Perlu diperhatikan jika ingin membersihkannya, jangan gunakan air panas karena dapat merusaknya. Lakukan pembersihan ini 1 minggu sekali.

Bisa menggunakan air dingin dan sabun. Untuk perawatan harian cukup dibersihkan menggunakan lap kering rasa untuk menghilangkan debu debu yang menempel.

Semoga alat drumband awet tahan lama setelah mempraktekkan tips di atas.

Bila anda butuh alat drumband berkualitas, yuk hubungi kami.

WA: 085868710830 (Ibu Ika)

Alamat:

Kuncen, Jalan Menjangan No.10 RT.34/ 07 Wirobrajan, Yogyakarta
(Dekat SMA N 1 Yogyakarta)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel