Inilah Daftar Nama Nama ALat Drumband, Sudah Tahu Belum?

Nama Nama Alat Drumband 

Nama Alat Drumband. Selamat datang di Prahu Rejeki Drumband, pusat perlengkapan alat musik drumband di Yogyakarta. Kini semakin banyak sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler drumband. Tentunya kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Selain bermain musik, banyak hal positif lain yang didapatkan seperti melatih baris berbaris serta melatih kedisiplinan. Sebagai orang awam, masih banyak yang belum tahu apa saja jenis atau nama alat drumband.

Macam Macam Nama Alat Drumband dan Fungsinya

Nama alat musik drumband yang paling terkenal adalah tenore dan senare drum. Kemudian, masih ada jenis jenis lainnya sebagai pelengkap untuk membuat suara musik makin meriah. Diantaranya adalah Bellyra, Cymbal, Bass Drum, Marching Bell dan lain sebagainya. kemudian, ketika memainkannya, ada regu penari yang membuat pertunjukan makin menarik.

Daftar nama alat drumband dan fungsinya beserta gambarnya

1. Bass Drum

 

Bass drum adalah jenis instrumen musik drumband yang dimainkan dengan cara dipukul. Ukurannya besar dan paling tebal. Jika dipukul maka suara yang dikeluarkan pun lebih tebal dibandingkan jenis instrumen lainnya seperti senare dan tenore. Pemain bass drum biasanya terdiri dari 3 hingga 6 orang dalam satu regu.

2. Tenore

Jenis instrumen musik ini juga dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Bentuknya seperti pemukul pada umumnya, yang mana di ujungnya terdapat pentolan busa. Suara alat ini bulat dan lebih halus jika dibandingkan dengan bass drum. Pemainnya sekitar 15 orang. Ukuran tenore bermacam-macam sehingga seseorang bisa memesan sesuai kebutuhan. Bisa juga disesuaikan dengan pemainnya apakah anak TK, SD, SMP, atau SMA.

3. Senare Drum

Ciri khas instrumen musik ini ialah pemainnya seorang anak putri. Jika suara tenore lembut, maka suara senare lebih lantang. Sebenarnya apa perbedaan antara tenore dan senare? Perbedaannya ialah senare memiliki jaring-jaring sehingga hasil suaranya berbeda. Ukuran senare drum juga berbeda-beda.

4. Marching bell

 

Jika alat alat musik sebelumnya berbentuk bulat, kali ini marching bell berbeda. bentuknya terdiri dari bilah-bilah persegi dari bahan logam. Masing-masing bilah akan mengeluarkan suara berbeda. bila dimainkan akan menghasilkan bunyi seperti tangga nada. Dalam satu grub, biasanya terdiri dari 7 orang pemain marching bell.

5. Cymbal

Cymbal merupakan bagian dari instrumen musik drumband yang mana alat ini terdiri dari dua lempeng. Cara memainkannya ialah dengan diadu. Biasanya ada dua orang yang memainkan jenis ini.

6. Quarto

 

Selanjutnya ialah quarto. Jenis ini lebih mudah diingat karena terdiri dari 4 buah tom. Biasanya, jenis ini dimainkan di awal waktu sebelum pertunjukan marching band dimulai. Pemainnya hanya ada satu orang saja dalam satu grub. Untuk jenisnya ada bermacam macam seperti Trio Tom, Quintom, dan Quartom.

7. Tongkat Mayoret 

 

Kemudian ada tongkat mayoret. Tongkat ini dimainkan oleh seorang mayoret untuk melakukan atraksi saat pertunjukan di depan khalayak umum. Biasanya mayoret akan menari dan memberi aba aba kepada para anggotanya menggunakan tongkat mayoret ini.

Itulah nama nama alat drumband dan fungsinya. Jika anda membutuhkan alat musik drumband berkualitas, lengkap, dan harga bersahabat, silahkan hubungi kami. Prahu Rejeki menyediakan alat drumband lengkap. Tersedia juga baju seragam drumband.
Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi:




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel